Widya Arumi Ayuningtyas

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menggali Potensi Dengan Membaca Melalui Perpustakaan

Menggali Potensi Dengan Membaca Melalui Perpustakaan

Menggali Potensi Dengan Membaca Melalui Perpustakaan

Pasti kita semua sudah tau perpustakaan bukan? Iya perpustakaan, tempat dimana buku-buku di tata dengan rapi, dan dapat dipinjam. Bukan hanya buku pelajaran saja, tetapi ada juga buku cerita seperti novel, komik, cerpen. Selain itu ada juga buku sejarah dan masih banyak lagi. Wah lengkap banget ya perpustakaan, dapat menampung banyak buku-buku beraneka ragam seperti itu.

perpustakaan sangat penting bagi seluruh orang, terutama bagi siswa-siswi. Karena perpustakaan tempat menambah wawasan, mengembangkan potensi yang berbasis literasi. Sehingga perpustakaan bisa menjamin masa depan kita. Perpustakaan juga sangat penting bagi siswa siswi dan guru untuk lebih mudah mendapatkan buku yang dicari. Apalagi belum tentu kita semua mampu membeli buku pelajaran semuanya kan. Tetapi dengan adanya perpustakaan ini kita tidak perlu susah-susah mengeluarkan banyak uang, karena buku-buku itu pasti ada di perpustakaan. Jadi kita bisa meminjamnya tanpa mengeluarkan uang sepersen pun. Dan buku yang ada di perpustakaan bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi dari seluruh negara. Jadi kita bisa mengakses informasi-informasi lebih banyak.

Mungkin kita hanya tau perpustakaan sekolah saja, padahal ada juga perpustakaan keliling, perpustakaan nasional, internasional, umum, perguruan tinggi, khusus, dan masih banyak lagi. Tetapi di zaman modern ini ada juga perpustakaan digital loh, jadi kita bisa membaca melalu handphone juga. Salah satu aplikasinya yaitu iPusnas, dimana kita bisa meminjam buku tersebut dengan mengantri. Meminjam yang dimaksud bukan mengambil bukunya, melainkan dengan membaca lewat handphone ya. Jadi kita bisa lebih mudah mencari buku yang ingin kita baca.

Perpustakaan juga digunakan sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Jadi memang perpustakaan banyak sekali manfaatnya. Apalagi perpustakaan sekolah, sehingga siswa siswi bisa merasakan pembelajaran di perpustakaan juga. Jadi mereka tidak akan merasa bosan.

Selain itu perpustakaan sangat identik dengan literasi bukan? Literasi yang dimaksud ialah membaca dan menulis. Bahkan setiap hari kita menulis dan membaca, jadi tidak asing lagi dengan kata literasi. Karena banyaknya buku-buku yang di perpustakaan, itu bisa menjadi referensi kita untuk membuat karya. Seperti membuat novel, jurnal, komik, dan lainnya. Apalagi di Indonesia ini bukan hanya 1 perpustakaannya, jadi kita bisa menerapkan literasi dimanapun.

Tapi sayangnya banyak siswa siswi yang salah paham dengan adanya perpustakaan ini. Mereka malah menjadikan perpustakaan tempat bercanda gurau, bahkan khalayaknya lapangan. Padahal perpustakaan tempat menambah wawasan. Hal ini tidak hanya terjadi di satu sekolah, tetapi beberapa sekolah juga mengalami hal yang sama tentang perpustakaannya. Bahkan buku-buku disana pun hanya menjadi hiasan saja. Padahal fasilitas perpustakaan sudah sangat memadai, jadi seharusnya membuat minat baca siswa dan siswi meningkat.

Jadi mulai hari ini kita harus bisa menggunakan perpustakaan dengan bijak. Dan sering mendatangi perpustakaan juga, karena di sana tempat kita menambah ilmu. Maka jadikanlah perpustakaan sebagai rumah kita juga.

Haii semuanya...... Kenalin namaku Widya Arumi Ayuningtyas, biasa dipanggil Arumi. Aku lahir di Jember, Jawa Timur, tanggal 10 Mei 2010. Aku saat ini duduk di kelas 8, di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 jember. Kalau kalian ingin kenal lebih dekat bisa lewat

Instagram: wdyarm.an

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post