Widya Arumi Ayuningtyas

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membaca, Kunci Masa Depan

Membaca, Kunci Masa Depan

Membaca, Kunci Masa Depan

Kalian tau nggak? Kalau dengan membaca, kita bakal sukses. Kok bisa? Jadi gini, semisal kelak kita ingin menjadi seorang dokter, nah kita kan nggak mungkin langsung jadi dokter, semuanya pasti ada rintangan dan tahapannnya sendiri. Salah satu tahapan dan rintangannya, ya membaca. Jadi kita harus mulai tahapannya dengan belajar, belajar berarti sama dengan membaca. Rintangannya ya, kita harus terus membaca dengan semangat dan sungguh-sungguh. Seperti membaca buku Ilmu Pengetahuan Alam atau disingkatnya IPA, ataupun buku yang menyangkut tentang kedokteran. Dan nantinya, kelak kita pasti bisa menjadi dokter. Bukan hanya menjadi dokter, tetapi semua yang kita impikan pasti akan terwujud jika rajin membaca. Ingat, membaca adalah kunci masa depan, untuk menjadi sukses.

Tapi mirisnya, anak zaman sekarang pada tidak suka membaca. Alasannya jelas, yaitu karena malas. Mereka menganggap membaca itu membosankan dan hanya bikin ngantuk. Padahal, menurutku membaca adalah aktivitas seru yang terkadang membutuhkan kreatifitas. Kenapa membutuhkan kreatifitas? Kalian tau nggak jika kalian membaca novel, pasti isinya hanya sebuah tulisan, tidak ada gambar sama sekali, meskipun di beberapa buku novel ada gambar yang terselib di beberapa bab. Tetapi kebanyakan novel, tidak terdapat gambar. Nah, disitulah kreatifitas kita, yaitu imajinasi kita digunakan. Semisal, kita tidak suka membaca novel, kita bisa membaca komik. Jika membaca komik, kita tidak perlu susah-suah membayangkan tokohnya atau bahkan alur ceritanya, karena di setiap adegan, di setiap dialog pasti selalu ada gambar. Kebanyakan orang lebih suka membaca komik, tapi kalau aku lebih suka membaca novel, karena bisa membayangi jika pemeran itu adalah aku, hehehe. Menurutku itu adalah bagian yang paling seru, yang membuatku lebih semangat untuk baca buku cerita lainnya.

Jika kita tidak suka membaca, dampaknya sangat banyak bagi diri kita sendiri atau juga bagi orang lain. Semisal, kita di beri tugas, karena kita malas membaca untuk mencari jawabannya, akhirnya kita memutuskan untuk mengarang. Memang terkadang jika mengarang jawabannya benar, tetapi itu hanya sebuah kebetulan. Lalu, jika kita enggan untuk membaca terlebih dahulu, kita akan kesusahan untuk menjawab soal. Kita akan membolak-balik halaman untuk mencari jawabannya. Hal tersebut akan membuat energi kita terkuras. Jika membaca terlebih dahulu pasti kita akan lebih mudah, karena kita hanya membutuhkan ingatan kita untuk menjawab soal. Hasilnya kita akan lebih mudah dalam mengerjakannya dan pasti kita akan mendapatkan nilai yang bagus yang akan membuat kita merasa sangat puas karena dari hasil belajar kita sendiri.

Jadi, jika kita ingin sukses di kelak kemudian hari. Kita jangan malas-malas untuk membaca. Jika kalian tidak hobi atau tidak suka membaca, coba deh baca buku cerita. Seperti yang aku sebutkan tadi, yaitu baca novel atau komik, atau kalian bisa juga memulainya dengan membaca cerpen. Buku cerita kan menarik, jadi kemungkinan kalian akan suka, dan tentunya akan suka membaca juga. Setelah itu coba baca beberapa buku pelajaran, contohnya pelajaran yang tidak kamu kuasai, kamu baca, resapi apa isi yang ada dalam buku itu. Setelah membaca kalian pasti akan paham mengenai pelajarannya. Karena membaca adalah proses memahami makna atau isi yang terdapat dalam buku tersebut, dan proses pengembangan wawasan. Kita harusnya beruntung tinggal di zaman sekarang ini yang dapat dengan mudah mencari cerita dari hp kalian sendiri. Entah dari wattpad, webtone, atau yang lainnya. Sehingga kita tidak perlu repot-repot menabung untuk membeli buku. Dan tentunya kita juga dapat dengan mudah membaca berita, ceramah, atau lainnya dari hp. Karena sekarang mudah untuk mencari beberapa pelajaran ataupun cerita lewat hp, kalian harus sering baca, dan tentunya harus lebih semangat.

Kita semua tau, kita pasti gak luput dari kata membaca. Karena setiap harinya kita pasti membaca. Tetapi apakah kamu senang dalam proses membaca? Agar kalian tidak bosan jika membaca, coba deh berhenti dulu bacanya setidaknya 15 menitan. Dengan waktu yang cukup lama, kamu bisa pergi makan, atau minum, karena jika kelamaan membaca pasti tenggorokan akan kering. Agar kalian makin nyaman membacanya kalian bisa membaca sambil ditemani cemilan atau boneka kesayangan kalian. Dan juga, pilih tempat paling nyaman untuk kamu tempati sambil membaca. Kamu pasti akan lebih semangat dan tidak bosan lagi.

Mumpung masih remaja, kalian rajin-rajinlah baca buku. Apapun buku yang kamu baca, entah buku pelajaran atau cerita. Karena kelak, buku yang kamu baca akan menjadi bekal kita di masa depan nanti. Baca saja secara perlahan-lahan, Jangan tergesa-gesa, semua ada tahapannya sendiri. Buat masa depan kita menjadi cerah dengan buku yang kita baca, kalian tidak ingin kan masa depan kalian suram. Maka bacalah buku meski hanya sedikit, karena apapun yang kamu baca pasti ada manfaatnya.

Terimakasih sudah baca sampai selesai. Semoga bermanfaat.

Haii semuanya...... Kenalin namaku Widya Arumi Ayuningtyas, kalian bisa panggi aku Arumi. Aku lahir di Jember, Jawa Timur, tanggal 10 Mei 2010. Aku saat ini duduk di kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 jember. Kalau kalian ingin kenal lebih dekat bisa lewat

Instagram: wdyarm.an

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post