Navigasi Web
KEBIASAAN MEMBACA CIPTAKAN MASA DEPAN CERAH

KEBIASAAN MEMBACA CIPTAKAN MASA DEPAN CERAH

Oleh Taqorubbillah Shufiyatur Rohmah

Tahukah kalian bahwa membaca adalah jendela dunia? Melalui buku semua orang akan memahami apa yang tidak diketahui, sehingga pengetahuan semakin bertambah. Berbagai hal-hal di dunia ini yang belum diketahui sama sekali dapat dijangkau dengan mudah. Nah, penting bukan kegiatan membaca buku baik digital maupun cetak? Umumnya, perpustakaan sebagai tempat yang dianggap sepele, karena hanya menyimpan banyak buku seperti buku pelajaran, novel, dan lain lain. Perpustakaan tidak hanya menyediakan buku pembelajaran seperti matematika, bahasa Indonesia, ilmu pengetahuan alam, dan lain-lain, tetapi juga menyediakan buku-buku seperti buku cerita, dongeng, novel, dan lain sebagainya. Dengan perpustakaan kita dapat mengetahui informasi yang tidak diketahui sebelumnya dari berbagai bidang ilmu baik cetak maupun noncetak. Bahkan dengan kebiasaan membaca, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih cerah. Kegiatan membaca itu perlu dikembangkan sejak dini, karena buku sebagai kunci ilmu. Hampir semua orang merasa terkadang membaca buku itu membosankan. Padahal, membaca buku juga memiliki manfaat baik bagi otak, lho! Percaya atau tidak dengan membaca dapat bermanfaat bagi kesehatan otak. Berikut ini manfaat membaca bagi kesehatan otak:

1. Mecegah dari penyakit Alzheimer atau pikun.

2. Menurunkan tingkat stres sebanyak 60%

3. Menambah wawasan dan pengetahuan

Bagi saya sebagai seorang siswi yang duduk di bangku kelas 7 dan hobi membaca. Kenapa harus membaca? Membaca adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan menenangkan. Selama di perpustakaan, saya juga memperoleh beberapa ilmu dari buku bacaan, meski kebanyakan buku disukai adalah buku dongeng ataupun cerita. Menurut saya buku dongeng atau cerita kita bisa berhalusinasi, seperti ada kuda terbang, hewan yang bisa berbicara, peri gigi, dan lain sebagainya. Bagi saya buku cerita adalah buku yang paling menarik dan terlihat menyenangkan. Meski buku cerita terlihat seperti cartoon, tetapi ini versi bacaan. Seringkali kita melihat film animasi karton yang ada suaranya, sedangkan buku cerita seperti komik atau buku fiksi lain pasti membaca dan menghayal seolah-olah dapat mendengarkan suaranya dan gambarnya dapat bergerak layaknya film. Selain itu, novel juga dapat meningkatkan imajinasi seseorang lho!

Saya yakin pasti banyak orang yang tertarik dengan buku fiksi seperti saya, tidak hanya melihat gambar-gambar menarik yang mendukung cerita dan bahasa yang mudah dipahami setiap pembacanya. Mengapa banyak orang tertarik dengan buku fiksi? Buku fiksi dapat merangsang otak untuk berimajinasi. Percaya atau tidak melalui imajinasi, otak kita akan terbiasa berpikir kritis dan mudah menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi. Jadi, sudah percaya kan pentingnya buku-buku di perpustakaan sebagai jalan menuju kesuksesan atau meraih cita-cita sesuai potensi yang dimiliki. Artinya, seseorang yang berpotensi menguasai pelajaran IPA, ia akan terbiasa mengerjakan soal atau membaca buku terkait materi tersebut. Perputakaan tidak akan lekang oleh waktu, meski tergerus jaman digital. Namun, membaca buku secara langsung di perpustakaan dengan suasana yang nyaman dan tenang dapat memudahkan kita memahami atau menyelesaikan permasalahn yang dihadapi.

Ingat ya, teman-teman bahwa gambaran isi atau permasalahan dunia dari yang terbesar hingga terkecil terdapat dalam buku. Semua informasi dari buku-buku dalam perpustakaan akan mengantarkan kesuksesan bagi kalian yang gemar membaca. Perbanyaklah baca buku, niscaya dunia ada di genggamanmu! Lihatlah isi dunia melalui buku dan perpustakaan! Sering-seringlah berkunjung ke perpustakaan, karena kalian akan menemukan segala isi atau masalah secara global. Percayalah, perpustakaan adalah tempat ternyaman untuk membaca atau belajar banyak hal termasuk mempelajari buku yang berkaitan dengan cita-cita kita. Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang.

BIODATA

Nama saya Taqorubbillah Shufiyatur Rohmah yang sedang duduk di bangku kelas VII G di MTsN 2 jember dan nomor yang dapat dihubungi 0857-3258-6321. Saya lahir pada tanggal 07 oktober 2010 di Jember yang beralamat di Jalan Manggar 2, No 74, Lingkungan Darwo Barat, Kecamatan Patrang, Kabupate

n jember.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post