Sakira Erfalenia

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sharing of Opinion
Hasil Tulisanku

Sharing of Opinion

Assalamualaikum Wr. Wb

 

Halo semuanya! Perkenalkan saya Sakira Erfalenia yang pada kesempatan kali ini saya akan menyimpulkan makalah mengenai Pengaruh Game Online pada kehidupan Remaja

 

Pada hari Senin tanggal 22 Januari 2024, saya mempresentasikan materi ini dengan kelompok saya, sedangkan audiens disana menyimak lalu bertanya atau bahkan menyanggah apa yang masih kurang dalam presentasi mengenai Pengaruh Game Online pada kehidupan Remaja yang telah di presentasi-kan oleh kelompok saya.

 

Perkembangan game online sangat menarik perhatian anak-anak dibawah umur untuk memainkannya karena mulai dari tampilan, gaya bermain, bentuk permainan dan resolusi gambar yang menarik perhatian anak-anak dibawah umur. Memang game bisa memberikan dampak positif yaitu pergaulan siswa. Otak siswa akan lebih aktif dalam berfikir, reflek berfikir dari siswa akan lebih cepat merespon, emosional siswa dapat di luapkan dengan bermain game, siswa akan lebih berfikir kreatif.

 

Tetapi game juga bisa memberikan dampak negatif yaitu siswa akan malas belajar dan sering menggunakan waktu luang mereka untuk bermain game online, siswa akan mencuri-curi waktu dari jadwal belajar mereka untuk bermain game online. Waktu untuk belajar dan membantu orang tua sehabis jam sekolah akan hilang karena bermain game, uang jajan atau uang bayar sekolah akan di selewengkan untuk bermain game online, lupa waktu, pola makan akan terganggu. Emosional siswa juga akan terganggu karena efek game ini, jadwal mengajipun kadang akan di lalaikan oleh siswa, dan siswa akan bermalas-malasan ke sekolah demi supaya bisa bermain game kesayangan mereka.

 

Sesi bertukar pikiran pun dimulai, kelompok saya memberikan kesempatan audiens untuk bertanya. Kami memilih orang tercepat untuk bertanya, dan kami memilih Rifa. Pertanyaan Rifa yaitu "Bagaimana jika kita sudah menjadwalkan bermain Game Online dan Belajar dengan seimbang, tetapi pikiran kita terus saja berfikir untuk bermain Game Online?" Saya pun menjawab "Bermain Game Online sebenarnya boleh, tapi tidak seharusnya setiap saat kita bermain Game Online. Kalau menurut saya, Rifa bisa saja mengatasi masalah tersebut dengan cara mengubah pola belajar yang selama ini digunakan, karena bisa saja pola belajar tersebut sudah membuat jenuh sehingga kita menjadi malas belajar. Selanjutnya, Rifa bisa mencari motivasi belajar seperti menonton video inspiratif dari Maudy Ayunda, Jerome Polin, dan lain sebagainya. Karena dengan menonton kisah inspiratif mereka, kita bisa saja mendapatkan motivasi baru untuk lebih semangat lagi dalam belajar"

 

Kesimpulan yang saya dapat dari presentasi mengenai Pengaruh Game Online pada kehidupan Remaja adalah Kecanduan game online akan berdampak buruk bagi diri seseorang sehingga pemain game online tersebut harus lebih bisa mengatur waktu agar tidak terlalu larut pada permainan yang akhirnya menyebabkan kecanduan, karena Game Online ini sangat berpengaruh pada diri seseorang terutama pada remaja. Jadi, kita sebagai remaja, seharusnya meminimalisir dalam bermain Game Online.

 

Jakarta, 25 Januari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus kolom tentang sharing nya, salam literasi

26 Jan
Balas

Terimakasih, salam literasi juga

30 Jan



search

New Post