ravena airfiansyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentingnya Membaca Bagi Masa Depan

Pentingnya Membaca Bagi Masa Depan

Membaca sudah tidak asing lagi bagi setiap orang di dunia ini. Membaca pun juga tak luput dari pembelajaran atau yang bukan pelajaran. Membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati.

Dengan membaca, apapun yang akan kita lakukan pasti terasa mudah. Banyak hal yang bisa dibaca, salah satunya adalah petunjuk dalam suatu kegiatan. Seperti halnya bacaan petunjuk yang terdapat di kemasan mie instan. Jikalau kita membaca nya dengan teliti, maka proses pembuatan mie instan pun berjalan dengan lancar.

Namun ini bukan hanya untuk bacaan petunjuk kemasan makanan atau minuman instan. Tahukah kalian bahwa membaca dapat menambahkan prestasi kita hanya dalam satu bulan?. Mungkin kalimat tersebut seperti sangat tidak mudah dipahami. Tapi kenyataannya memanglah bisa. Bagaimana tidak jika seseorang yang selalu gemar membaca buku pelajaran tiba tiba keesokan harinya akan diadakan olimliade dari sekolah, mungkin banyak orang yang bisa mengerjakan dengan susah. Tapi jika orang yang telah membaca buku-buku pelajaran tadi malam pasti sudah sangat tahu apa yang akan ia jawab pada soal-soal olimpiade tersebut. Dan ya, disaat pengumuman lomba olimpiade diumumkan, seseorang yang telah menjawab soal olimpiade dengan lancar pasti akan memenangkan lomba tersebut. Itulah yang dinamakan dengan fungsi membaca bagi diri sendiri.

Buku-buku yang kita lihat memanglah sangat tebal bak dompet yang diisi ratusan uang lembaran tetapi masih ada yang dua kali lipat tebal dari biasanya. Tak ayal bahwa membaca buku membuat orang malas dan bosan. Akan tetapi rasa malas yang orang-orang rasakan ketika berniat membaca buku akan terasa penyesalan yang hebat dikarenakan sebenarnya buku memanglah kunci sebuah keberhasilan prestasi yang didapat.

Sama halnya denganku, sedikit bercerita bahwa dulu aku adalah orang yang sangat sedikit benci dengan satu kata benda itu "Buku". Mengapa?, karena bagiku isi buku biasa-biasa saja. Pikirku buku buku pelajaran seperti itu sama saja dengan buku-buku dongeng, namun ternyata salah. Aku sadar ketika aku sudah akan memasuki jenjang Madrasah Tsanawiyah.

Ternyata membaca buku memanglah sangat berpengaruh bagi pengalaman karya kita. Pentingnya membaca bagi pelajar antara lain dapat menambah wawasan, menambah ilmu pengetahuan, menambah kosakata dan tentu saja menambah semangat bagi pelajar dalam menuntut ilmu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan yang dimaksud oleh kalimat tersebut adalah sebuah prestasi yang mungkin saja akan kita dapatkan.

Bacalah buku seberapa lama apapun itu. Membaca tidak akan membuat seseorang rugi di kelak kemudian hari. Namun sebaliknya yaitu dengan membaca maka akan membuat seseorang bangga di kemudian hari. Tanpa buku kita tidak akan bisa belajar atau memahami suatu hal.

Seperti kata pepatah yang mengatakan bahwa "Buku adalah jendela dunia", makna tersebut menggambarkan betapa pentingnya buku karena memberikan banyak pengetahuan kepada manusia.

Jangan sia-siakan matamu dengan melihat hal yang tidak berguna, tapi gunakanlah matamu untuk membaca hal yang aman membuatmu bangga disuatu hari nanti.

"Bagi seorang anak, buku lebih dari sekadar bacaan, tetapi merupakan impian, pengetahuan untuk masa depan sekaligus masa silam."

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post