Ratna suwardah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Buku Jembatan ilmu

Buku Jembatan ilmu

Buku adalah jembatan ilmu. jika kita membaca buku kita akan mendapat berjuta informasi didalam nya. Bahkan informasi luar pun dapat diketahui hanya dengan membaca. Teknologi sudah canggih kita dapat membaca informasi dari mana saja tidak hanya melalui buku tetapi bisa melalui internet atau aplikasi online yang lainnya.

Beberapa contoh manfaat yang akan kita dapatkan dari membaca buku ialah:

1. Memperkuat kerja otak, karena pada saat kita membaca buku melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal kompleks dalam otak. Semakin sering kita membaca buku maka semakin kuat jaringan tersebut.

2. Menambah kemampuan berbahasa, dalam buku terdapat berjuta macam kosa kata didalamnya. Maka jika kita semakin sering membaca buku maka semakin banyak pula kosa kata bahasa yang dapat kita peroleh.

3. Mengurangi stress, menurut beberapa peneliti membaca dapat menurunkan stress sebab tekanan jantung, tekananan darah dan juga perasaan tertekan saat membaca menurun

Manfaat buku tidak hanya itu saja, Masih banyak sekali manfaat buku yang tidak saya sebutkan sebagai contoh. Mencintai buku memang bukan hal yang mudah, namun kita dapat mengawali dengan sebuah hobi yakni menulis. Sejak kecil saya senang menulis di buku diary untuk menuliskan semua isi hati saya, namun semakin kesini saya mulai malas menulis karena kesibukan bermain gadget.

Sejak saya duduk dibangku kelas 12 saya tersadar bahwa pentingnya membaca dan menulis untuk masa depan saya. Contohnya waktu pembelajaran Bahasa Indonesia guru saya selalu meminta untuk membuat resume/ ringkasan materi. Sebelum membuat suatu ringkasan materi bukankah saya harus membacanya dulu? iya benar sekali. Apa yang terjadi jika saya malas membaca? saya tidak akan dapat mengerjakan tugas tersebut.

Ibu selalu mengingatkan saya supaya setidaknya setiap hari membaca buku/ menulis suatu karangan cerita. Agar saya kelak terbiasa membaca dan menulis setiap harinya.

Dulu saya sangat rajin membaca buku semasa SMP, karena tiap hari kamis diwajibkan setiap siswa disekolah saya untuk membaca buku tentang materi apapun di perpustakaan. Tiap ke perpustakaan saya selalu membaca buku KKPK, buku itu berisi tentang cerita anak anak yang ceritanya sangat ber variasi, jadi ketika saya membaca buku itu saya tidak merasa bosan. Berawal dari paksaan dan tuntutan sekolah akhirnya saya dan teman teman semua mulai menikmati kegiatan tersebut.

Membaca tidak seburuk yang kami kira, cukup menyenangkan dan bisa dilakukan dalam waktu luang. Bahkan tanpa di sadari membaca buku dapat mengurangi rasa stress atau rasa jenuh dalam pikiran kita.

Apalagi sekarang banyak aplikasi membaca online contohnya wattpad yang dapat mempermudah kita untuk membaca dimana saja. Saya suka membaca cerita novel melalui aplikasi itu. Saya juga memiliki beberapa koleksi buku dirumah yaitu ciptaan Tere Liye yang berjudul Bumi, Matahari,dan Komet.

Bagi sebagian orang mungkin membaca buku cukup membosankan, contohnya membaca buku Sejarah, namun jika kita tidak membaca buku Sejarah maka sama saja kita menolak informasi atau berita yang ada bahkan kita tidak akan tahu apa saja peristiwa yang pernah terjadi di Negara kita.

Zaman semakin modern, semua sudah mulai tergantikan oleh teknologi yang sangat canggih contohnya gadget, atau pc. Mungkin sampai sekarang masi banyak remaja yang lebih memilih menghabiskan waktunya dengan bermain gadget atau pc daripada membaca buku. Marilah kita bersama sama menanamkan rasa cinta membaca supaya kelak kita dapat menjadi generasi muda yang sukses dan bermanfaat untuk kedepannya. Salam generasi muda cinta buku!

Profile Penulis:

Nama: Ratna Suwardah

Umur: 16 tahun

Tempat, Tanggal Lahir: Gesik, 30 Desember 2003

Asal Sekolah: SMAN 1 Cerme

Alamat E-mail: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post