Navigasi Web
Raih Potensi Diri Melalui Perpustakaan

Raih Potensi Diri Melalui Perpustakaan

Hidup adalah tentang mencari ilmu pengetahuan dan untuk mencapai masa depan yang cemerlang. Salah satu sarana yang sangat penting dalam mencapai masa depan yang cemerlang adalah Perpustakaan. Perpustakaan adalah ladang ilmu untuk mencapai masa depan. Perpustakaan banyak dikenal sebagai tempat penyimpanan buku-buku, jurnal, novel dan referensi lainnya. Selain sebagai penyimpanan buku, perpustakaan juga sebagai kunci untuk meningkatkan literasi siswa-siswi. Literasi adalah kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, dan menghitung. Dari literasi kita bisa meningkatkan kreativitas dan membuat berbagai karya.

Dahulu aku tidak minat dengan menulis ataupun membaca. Sampai akhirnya aku menemukan salah satu buku yang menurutku buku itu menarik. Buku itu berisi tentang motivasi-motivasi yang sangat menginspirasi seseorang agar dapat meningkatkan minat baca dan menulis yang baik. Saat ini, menurutku Perpustakaan adalah tempat favorit ku, belakangan ini aku sangat sering mengunjungi perpustakaan sekolah ku. Pemandangan rak-rak kayu penuh buku dari berbagai jenis tertata dengan rapih membuatku tertarik untuk membacanya. Salah satu buku yang membuatku tertarik adalah novel yang saat ini sedang digemari pada kalangan remaja.

Pada data perpustakaan nasional tahun 2023 indonesia memiliki perpustakaan dengan jumlah 178.723. Indonesia sendiri adalah negara dengan nominasi perpustakaan jumlah terbanyak kedua setelah india. Meski perpustakaan di Indonesia tersebar luas, tetapi minat pembaca di Indonesia sangatlah minim. Sangat disayangkan bukan?. Masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan perpustakaan secara maksimal. Fasilitas perpustakaan yang sudah lengkap, seharusnya meningkatkan minat masyarakat. Seharusnya dengan jumlah perpustakaan yang begitu banyak, kita harus memanfaatkan tempat tersebut seperti sebagai sarana peningkatan wawasan dan ilmu pengetahuan. Selain itu, kita bisa mengembangkan minat dan bakat melalui koleksi buku-buku yang tersedia di perpustakaan.

Sekolah di Indonesia pasti menyediakan perpustakaan untuk siswa-siswi nya. Sekolah ku sendiri juga memiliki perpustakaan, sebagai Madrasah Model Literasi, sekolah ku membiasakan siswa-siswi nya untuk terbiasa membaca buku. Terkadang sekolah ku mendatangkan perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling adalah bagian dari pelayanan perpustakaan daerah yang mendatangi pembacanya dengan kendaraan. Sama halnya dengan perpustakaan umum, perpustakaan di sekolah ku tidak lah menjadi tempat favorit siswa-siswi dan minim pembaca. Kalau pun mengunjungi perpustakaan, mereka hanya mencari buku-buku bergambar. Mereka hanya mengamati gambar-gambar tanpa mengamati isinya. Buku-buku hanya menjadi pajangan pada ruangan itu.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini perpustakaan juga mengikuti perkembangan zaman. Banyak perpustakaan yang sudah memiliki akses secara online, sehingga memudahkan pembaca untuk mengakses informasi lebih luas dengan mudah. Dengan adanya perpustakaan dapat membantu masyarakat jika ingin membaca buku tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli buku yang ingin dibaca. Maka dari itu. Ayo tingkatkan semangat membaca dan menulis!.

"Membacalah maka kamu akan mengenal dunia"

Haii.. Perkenalkan namaku Nasyifa Aprilia Kusuma Wardhan, biasa dipanggil Nasyifa. Umurku 13 Tahun. Aku lahir di Jember, Jawa Timur 2 April 2010. Saat ini aku telah menduduki bangku kelas 8 di MTsN 2 Jember. Alamat rumahku Jalan Argopuro No 40 Arjasa, Kab.Jember.

Emailku: [email protected]

instagram: @nsyifaaprl_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post