Navigasi Web
Membaca Untuk Berkarya

Membaca Untuk Berkarya

Membaca Untuk Berkarya

Membaca adalah kegiatan yang berguna untuk memperoleh pengetahuan secara luas. Membaca juga aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, membaca juga dapat meningkatkan kreativitas dan mengembangkan imajinasi. Dengan membaca, kita dapat memperoleh pengetahuan baru, memperluas wawasan, dan meningkatkan keterampilan. Mungkin, sebagian orang menganggap membaca adalah hal yang membosankan dan membuang-buang waktu saja, sehingga indeks minat baca warga Indonesia sangatlah memprihatinkan yaitu baru mencapai angka 0,001% artinya, dari 1,000 orang Indonesia, hanya satu orang yang rajin membaca.

Jika kita ingin membuat sebuah karya kita harus mencari referensi dari karya yang akan kita buat. Membaca juga merupakan salah satu kunci penting dalam berkarya. Dengan membaca seseorang dapat memperoleh pengetahuan baru secara luas dan detail, sehingga dapat memberikan inspirasi baru dalam berkarya. Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan membaca, salah satunya menambah kosakata dan melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah yang tersaji dalam apa yang kita baca. Membaca tidaklah hanya membaca buku, kita bisa membaca novel, komik atau majalah.

Dahulu aku bukanlah seseorang yang suka membaca buku, hanya melihatnya saja sudah terlihat membosankan. Namun, saat aku beranjak ke jenjang lanjutan semua nya berubah. Ternyata, aku sangat tertarik dengan buku-buku yang tersedia di perpustakaan sekolah ku. Walaupun terdapat banyak lembar pada buku tersebut, aku tidak mempunyai rasa malas untuk membacanya. Kadang kala disaat jam kosong saat sekolah, aku menyempatkan diri ke perpustakaan untuk membaca buku. Aku baru menyadari bahwa membaca adalah hal yang sepenting itu dan sangat berpengaruh bagi kehidupan kita.

Kenapa?. Kenapa baru kusadari bahwa buku memang sangatlah penting bagi kehidupan kita di masa sekarang maupun di masa depan. Apa yang kita baca sekarang, pasti akan keluar di masa depan untuk kita pelajari. Tak dapat ku pungkiri bahwa buku memanglah sangat bernilai tinggi dalam hidup ini. Tanpa buku apa jadinya semua orang di dunia ini. Yang selalu mereka pikirkan adalah seberapa tebal buku itu, namun yang terpenting adalah seberapa bermanfaat nya buku itu.

Jangan hanya melihat buku dari luar nya saja, lihatlah dalamnya yang berwarna untuk mewarnai hidup kita. Jangan kira bahwa buku tebal sangat membosankan, justru hal itulah mengapa buku tebal dibuat, buku tebal itu dibuat hanya untuk orang yang memiliki pandangan kepada masa depannya. Membaca bukan lah hal yang membuang-buang waktu bagiku, jikalau disuruh memilih diantara membaca buku setebal 200 lembar dengan berlari 5 km mungkin aku akan memilih membaca buku setebal 200 lembar. Karena apa?, karena membaca buku tidak semerugikan itu bagi diri kita sendiri. Cobalah untuk menerima kehadiran buku dalam pandangan mata kita semua, lihatlah bahwa buku semenarik dan semewah itu. Biarlah sampul buku itu rusak dan jelek, namun dalamnya masih tertata rapi dan tercetak indah bak rel kereta api yang tidak pernah digoyangkan oleh siapapun.

"Jika kamu ingin melihat dirimu di masa depan, lihatlah apa yang kamu baca sekarang.”

Hai.. Perkenalkan namaku Nasyifa Aprilia Kusuma Wardhan, biasa dipanggil Nasyifa. Umurku 13 Tahun. Aku lahir di Jember, Jawa Timur 2 April 2010. Saat ini aku telah menduduki bangku kelas 8 di MTsN 2 Jember. Alamat rumahku Jalan Argopuro No 40 Arjasa, Kab.Jember.

Emailku: @[email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post