Nailal Karomah Salsabila

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pentingnya Memilah Informasi di Era Digital

Era digital adalah satu era atau zaman yang di dalamnya sudah memiliki kondisi perkembangan begitu maju hingga semua kegiatan penting bisa dilakukan secara digital.Perkembangan era digital juga semakin lama semakin berjalan begitu cepat hingga tak bisa dihentikan oleh manusia.Dan juga di era digital terjadi keberlimpahan informasi. Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras. Kita bisa memperoleh banyak informasi yang bisa diakses lintas benua melalui gadget saja.

Informasi menjadi sesuatu yang penting. Bahkan bisa dibilang paling penting. Beberapa orang bahkan berani berkata “Data is the new oil”. Data adalah sekumpulan informasi spesifik yang banyak. Di masa depan, informasi akan jauh lebih penting daripada minyak.

Pernyataan di atas adalah sebuah kewajaran. Saat ini cukup bermodalkan kuota internet dan gadget kita bisa memperoleh banyak sekali informasi dari layar gadget kita. Begitu meluapnya informasi, malah saking berlebihannya, orang-orang mabuk informasi. Informasi bermanfaat dan informasi sampah sudah tercampur jadi satu.

Informasi adalah nutrisi untuk otak.Jadi kita harus pintar dalam memilah informasi,tidak heran jika di era digital informasi seperti saat ini, manusia yang kekurangan nutrisi otak semakin banyak. Akibatnya adalah banyak sekali masyarakat pengguna internet yang tidak mampu membedakan mana informasi bagus dan informasi sampah.

CARA MEMBEDAKAN BERITA HOAX DAN BERITA ASLI

1.Verifikasi Sumber: Periksa apakah sumber berita tersebut dapat dipercaya.

2.Periksa Fakta: Jangan langsung percaya pada judul atau headline berita.

3.Cek Kesesuaian: Berhati-hatilah terhadap berita yang terlalu sensasional atau ekstrim.

4.Bandingkan dengan Sumber Lain: Jika Anda ragu tentang keaslian suatu berita, coba cari liputan dari sumber yang berbeda.

5.Periksa Tanggal: Pastikan untuk memeriksa tanggal publikasi berita. Terkadang berita palsu dapat disebarkan kembali sebagai berita baru. Mengecek tanggalnya dapat membantu Anda mengetahui apakah berita tersebut masih relevan atau sudah usang.

6.Gunakan Sumber Resmi: Saat memeriksa berita tentang topik yang sensitif atau penting, lebih baik mencari informasi dari sumber resmi seperti situs web pemerintah, lembaga berita terkemuka, atau jurnalisme investigasi.

7.Waspadai Foto dan Video: Foto dan video bisa dimanipulasi dengan mudah. Pastikan untuk memeriksa keaslian foto atau video dengan mencari sumber aslinya atau memeriksa apakah ada bukti lain yang mendukung klaim tersebut.

8.Gunakan Akal Sehat: Terkadang, akal sehat adalah alat terbaik untuk membedakan berita palsu dan asli. Jika suatu berita terdengar terlalu bagus atau terlalu buruk untuk menjadi kenyataan, maka kemungkinan besar itu benar

Saking banyaknya informasi, internet menjadi sebuah tempat yang terus menerus dilanda tsunami informasi.Informasi layaknya makanan, ada unsur-unsur yang dibutuhkan dan diserap tubuh, ada pula unsur yang harus dibuang. Unsur-unsur yang bermanfaat itulah yang harus dikonsumsi, dicerna dan disebarkan. Sebalikanya unsur-unsur racun harus dibuang, tidak boleh disebarkan, atau bahkan harus dikritik dan diluruskan.

Maka dari itu pintarlah dalam memilah informasi di era sekarang ini,gunakanlah gadget sebaik mungkin agar jika memdapat informasi kita bisa memilah dengan benar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post