Nadia Kalila Elde

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
solusi cerdas basmi pergaulan bebas
stop pergaulan bebas

solusi cerdas basmi pergaulan bebas

SOLUSI CERDAS BASMI PERGAULAN BEBAS

Penulis : Nadia Kalila Elde

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia [KBBI] kata dasar Gaul artinya hidup berteman atau bersahabat. Pergaulan merupakan salah satu cara seorang untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Bebas adalah kemampuan untuk melakukan apa yang diinginkan. Jadi,yang dimaksud dengan pergaulan bebas adalah perilaku menyimpang yang melewati batas kewajiban,aturan,syarat dan norma yang berlaku di masyarakat,mulai dari norma agama hingga norma hukum.

Ada banyak penyebab remaja melakukan pergaulan bebas terutama di kalangan pelajar. Berikut adalah penyebab remaja melakukan pergaulan bebas,diantaranya lemah nya kontrol diri yang mengakibatkan tidak dapat membedakan perilaku yang baik dan buruk,rendahnya tingkat Pendidikan keluarga yang berakibat anak kurang diperhatikan keluarga maka mudah terjerumus kepada hal negative yang mengarah ke pergaulan bebas,keluarga yang broken home anak yang broken home akan mencari perhatian dan pelampiasan di luar rumah,salah satunya ke hal yang negative yaitu pergaulan bebas,ekonomi keluarga yang kurang berkecukupan sehingga anak putus sekolah dan terjerumus ke dalam pergaulan bebas karena kurang nya ilmu dan Pendidikan,penyalahgunaan internet dalam menonton konten yang tidak pantas dan menimbulkan efek negative terhadap anak maka di butuhkan pengawasan dan pendampingan orang tua kepada anak ketika sedang menggunakan internet,faktor lingkungan yang baik dan buruk juga dapat mempengaruhi perilaku anak jika lingkungan tersebut menjerumuskan kamu ke dalam hal yang buruk hendaknya kamu menghindar dan mencari linkungan yang baik,kurang wawasan agama yang membuat anak tidak bisa mengidentifikasi hal hal yang tidak sesuai dengan norma dan ajaran agama maka pelajaran agama sangat penting untuk di pelajari dar usia dini agar senantiasa dekat dengan tuhan melaksanakan perintah nya dan menjauhi laragan nya.

Dari penyebab tersebut ada dampak pergaulan bebas yaitu menurunya prestasi,malas belajar,bolos sekolah hingga putus sekolah,tawuran,hamil di luar nikah,menigkat nya kriminalitas tapi ada beberapa anak yang tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas karena mereka tau bahwa hal tersebut merupakan hal tercela dan juga ada beberapa anak berpendapat bahwa pergaulan bebas dilakukan untuk bersenang senang,agar terlihat bergaya dan memandang bahwa tidak melakukan hal tersebut dianggap tidak gaul.

Menurut anak yang pandai atau cerdas dan peduli tehadap perkembangan zaman sekarang mereka akan meikirkan solusi agar pergaulan bebas musnah sebelum banyak anak yang terjerumus. Solusinya di antara lain adalah yang pertama berhati hati dalam memilih teman pilihlah teman yang baik,yang kedua mendekatkan diri dengan agama harus mendalami ilmu agama agar terhindar dari hal hal agama dan ketika berbuat buruk kita akan selalu ingat akan dosa,yang ketiga melakukan kegiatan positif seperti memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan dan mengikuti organisasi organisasi yang positif sehingga kita terhindar dari pergaulan bebas,yang keempat memberi tahu konsekuensi nya ketka melakukan hal yang buruk seperti berkelahi dengan teman,bermain game seharian sehingga melupakan belajar dan mengerjakan pr biarkan anak menanggung akibat dari perbuatan nya tetapi tidak dengan hukuman fisik justru dengan menasehati atas konsekuensi dari perbuatan mereka dan orang lain dengan begitu mereka akan mengetahui perbuatan tersebut tidak baik dan bertanggung jawab atas perbuatan tersebut,yang kelima menanamkan nilai nilai baik sejak dini mengajarkan kepada anak saling membantu,menghargai,sopan santun,tidak merugikan orang lain dan tidak melakukan kekerasan.

Biodata penulis :

Nama lengkap : Nadia Kalila Elde

Tempat tanggal lahir : Jember,19 Maret 2009

Jabatan : Siswa

Instansi : MTs Negeri 1 Jember

Alamat e-mail : [email protected]

Nomor WA : 081332129974

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post