MISYKA AULIA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Buku membuka cakrawala ilmu

Buku Membuka Cakrawala Ilmu

Misyka Aulia

SMK Negeri 3 Tanjungpandan

Buku merupakan gudangnya ilmu, jendela dunia, dan banyak sekali julukan-julukan lainya yang ditujukan kepada buku. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), buku yakni sekumpulan kertas yang terjilid dan didalam kertas tersebut berisi tulisan. Aku juga awalnya tidak mengerti mengapa buku bisa mendapatkan julukan seperti itu. Setelah aku membaca beberapa buku, barulah aku mengerti dan aku merasa bahwa buku memang pantas mendapatkan julukan-julukan itu. Aku juga akhirnya memiliki julukanku sendiri. Buku adalah pembuka cakrawala ilmu pengetahuan.

Saat masih kecil, aku tidak terlalu suka membaca buku karena menurutku membaca itu membosankan dan tidak menarik. Aku hanya tertarik membaca buku yang tipis dan banyak gambar, misalnya komik. Sampai suatu hari aku menemukan sebuah buku online di internet yang berjudul "Internet dan Netiket". Buku ini menjelaskan bahwa komunikasi menjadi pondasi dasar pembangunan sebuah peradaban. Buku ini adalah buku edukasi yang menjelaskan sejarah internet. Buku ini juga menjelaskan perkembangan komunikasi. Berawal dari komunikasi menggunakan sinyal asap, lalu berlanjut pada abad ke-18 saat sistem telegraf pertama, berupa kode semaphore ditemukan di prancis. Buku ini menarik dan membuatku betah untuk membacanya. Halaman demi halaman kubaca dan membuatku semakin tertarik dan penasaran dengan ilmu apa yang bisa aku dapatkan di halaman selanjutnya. Setiap halamannya memiliki begitu banyak ilmu-ilmu yang bisa aku ambil dan aku terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari membaca buku berjudul ’’Intrnet dan Netiket” ini, aku juga bisa megambil nilai-nilai moral yang dapat kuterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti sosial, etika dan lain sebagainya. Membaca buku ini dapat merubah cara pandang hidupku yang sebelumnya sulit untuk berinteraksi dengan masyarakat menjadi sedikit lebih mudah untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Setelah selesai membaca buku tersebut, aku ingin menambah pengetahuanku lagi dengan membaca. Membaca ternyata tidak membosankan. Membaca malah membuatku ketagihan dan ingin terus menerus membaca.

Apalagi saat ini aktivitas membaca bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dulu, buku hanya bisa ditemukan di perpustakaan umum. Namun, seiring berkembangnya kemajuan tehnologi, kini buku bisa diakses dimana saja. Kita bisa menemukan buku di perpustakaan atau berselancar di internet. Siapa saja bisa membaca buku. Membaca tidak mengenal batas usia, hanya perlu dorongan dan niat dalam diri. Buku apapun, kita pasti bisa membacanya. Membaca buku bisa menambah dan memperluas ilmu pengetahuan kita. Aku sudah membuktikannya. Buku pertamaku, membuka cakrawala dan memperluas ilmu pengetahuanku. Bahkan buku dapat membantuku mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Penulis:

Penulis bernama Misyka Aulia. Ia lahir pada tanggal 28 april tahun 2008. Penulis merupakan siswi kelas 10 SMKN 3 Tanjungpandan. Penulis dapat dihubungi melalui e-mail [email protected] dan nomor WA 085764260182

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post