Navigasi Web

Di Dalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat, Prestasi pun Meningkat

Di Dalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat, Prestasi pun Meningkat

Oleh: Atthiyyah Lailatul Husna

"mens sana in corpore sano" adalah sebuah ungkapan yang lazim kita dengar, ungkapan ini memiliki arti" di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh maupun mental manusia. kita perlu memperhatikan kesehatan kita baik secara fisik maupun mental. ada beberapa manfaat olahraga bagi fisik antara lain

1 mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik seperti jalan kaki dan bentuk olahraga lainnya dapat mengurangi resiko kematian. akibat penyakit jantung kororer dan struktur dan stroke hal ini dikarenakan aktivitas fisik bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitifitas insulin, menaikkan kadar kolesterol baik, dan meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah yang dapat meringankan risiko penyakit jantung dan stroke.

2 Meningkatkan kerja otak

ketika kita berolahraga jantung memompa lebih banyak darah yang mengandung oksigen sehingga dapat mempercepat pemasukan darah ke otak. Selain itu olahraga juga berguna untuk memperlancar sebagai bahan aktif di otak untuk merangsang pertumbuhan sel otak. maka hal ini dapat memperlambat kematian sel-sel otak meningkatkan kemampuan kognitif dan meningkatkan kreativitas.

3 menunda keterbatasan fisik saat usia lanjut

olahraga seperti berlari, berjalan cepat atau latihan aerobik lainnya, terbukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang Lanjut Usia. penelitian menunjukkan bahwa berjalan cepat selama 1 - 2 jam per minggu atau sekitar 15-20 menit per hari akan menurunkan risiko berbagai penyakit secara umum, orang dewasa berusia 19-64 tahun membutuhkan dua jenis olahraga yaitu latihan aerobik dapat memperkuat otot-otot kaki,pinggul ,perut,dada,bahu dan kengan. latihan kekuatan otot sangat bermanfaat untuk mengurangkan energi dan stamina membantu tidur lebih nyenyak memperbaiki suasana hati dan meningkatkan matabolisme sehingga tubuh tetap bugar selain bermanfaat bagi fisik dan olahraga juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan psikis antara lain:

1 memperbaiki suasana hati

olahraga maupun memicu tubuh untuk memproduksi hormon Endorvin. hormin Endorvin merupakan Hormon yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang. sebuah penelitian yang dilakukan pada 8.000 penduduk dengan rentang usia 16-65 tahun juga memberikan hasil bahwa orang yang berolahraga secara teratur merasa lebih puas dan bahagia akan kehidupannya dibandingkan orang yang tidak berolahraga secara teratur.

2 Mengurangi stres

manfaat olahraga dapat membantu mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres olahraga juga bisa menjadi alat yang potensial untuk mengatasi gejala-gejala kecemasan. dalam penelitian tersebut partisipan yang rutin berolahraga memiliki indeks kecemasan yang lebih rendah dibanding orang yang tidak pernah berolahraga. dengan melakukan olahraga, karena kognitif di bagian otak akan di keseimbangan kembali sehingga pengidap stres dapat memproses masalah dengan lebih jernih dan membantu memulihkan seseorang dari gangguan mental.

3 tidur lebih nyenyak

sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang dan akan meningkatkan Seiring berjalannya waktu olahraga teratur terutama di pagi atau sore hari dapat berdampak pada kualitas tidur dengan menaikkan suhu tubuh beberapa derajat. saat suhu tubuh kembali ke kisaran normal hal ini akan memicu rasa ngantuk manfaat ini dapat langsung dirasakan pada hari yang sama setelah kita berolahraga. agar tetap agar tetap dapat menyisipkan olahraga di dalam rutinitas kita sehari-hari kita dapat melakukan olahraga secara rutin dengan intensitas waktu 15 sampai 20 menit per harinya. olahraga aerobik merupakan aktivitas fisik yang dilakukan secara bertahap dan terus-menerus yang menggunakan oksigen untuk proses pembakaran energinya, olahraga aerobik dirasa sangat sesuai agar kita dapat meningkatkan kesehatan fisik maupun mental meski hanya dilakukan di sekitar atau di dalam rumah. berbagai contoh olahraga aerobik adalah Yoga, berjalan kaki, joging, bersepeda , berenang dan zumba . olahraga aerobik sangat disarankan karena selain bermanfaat bagi kinerja jantung untuk memperlancar peredaran darah, juga dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga kita menjadi tidak mudah lelah dalam beraktivitas dengan berolahraga kita dapat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar Oleh karena itu kita diwajibkan melakukan olahraga setiap hari, dengan berolahraga kita dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita karena hal itu merupakan hal yang sangat penting.

Nama lengkap: Atthiyyah lailatul husna

Tanggal lahir: 29 maret 2011

sekolah: SMPN 1 Suboh - Situbondo

Email: [email protected]

no hp: 083129471730

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post