Jesika Akyu Saputri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Produktif dalam Literasi, Jadilah Penulis yang Bermutu di Masa Depan

Produktif dalam Literasi, Jadilah Penulis yang Bermutu di Masa Depan

Produktif dalam Literasi, Jadilah Penulis yang Bermutu di Masa Depan

Oleh : Jesika Akyu Saputri

SMPN 3 Bangsalsari

Salam Litrerasi, sobat setia! Pernahkah terbersit di hati kalian untuk jadi penulis? Tentu ada gambaran di benak kalian bahwa sorang penulis identik dengan kegiatan membaca dan menulis. Jawabannya, tepat sekali. Yah, kegiatan ini dinamakan dengan literasi.

Literasi adalah kualitas atau kemampuan memahami huruf atau aksara yang didalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Literasi juga meliputi baca tulis numeransi, sains dan digital. Nah, manfaat literasi juga dapat memperkaya perbendaharaan kata, mengoptimalkan kinerja otak. Mengikuti kegiatan literasi ini juga dapat memperdayakan dan meningkatkan kualitas individu, apalagi bagi seorang pelajar, manfaat mengikuti kegiatan literasi ini bisa mengasah otak, ketangkasan otak, memperluas wawasan dan memperoleh informasi baru, mengoptimalkan kinerja otak dan kemampuan interpersonal seseorang menjadi semakin baik.

Kali ini saya akan menceritakan bagaimana bisa saya menyukai kegiatan literasi ini. Pada awalnya, saya tidak tertarik sedikit pun untuk mengikuti kegiatan literasi ini. Tetapi semenjak saya dipaksa untuk mengikuti literasi oleh kepala sekolah, saya menjadi sedikit suka di kegiatan ini setelah saya mengikuti Diklat Jurnalistik di salah satu Sekolah Madrasah Aliyah Negeri di kota Jember.

Meskipun saya dipaksa dan sedikit ragu tetapi keraguan tersebut sirna usai saya memperoleh materi dari narasumber yang dihadirkan di acara Diklat. Ulasan yang menarik dan menginspirasi menggugah jiwa saya untuk menulis dan terdorong untuk menghasilkan sebuah karya.

Alhamdulillah kemarin saya memenangkan challenge, dan mendapatkan hadiah serta piagam penghargaan dalam kompetisi membuat videografi dalam kegiatan wawancara. Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari. Meskipun latihan ini singkat tetapi latihan ini membuat saya termotivasi. Dan motivasi tersebut membuat saya ingin mengenal lebih jauh tentang menulis. Tak hanya itu saja, saya berharap suatu saat nanti bisa menghasilkan karya dan menjadi penulis yang hebat.

Ketika mengikuti pelatihan di Taman Botani Sukorambi – Jember. Saya banyak belajar tata cara menulis dalam jurnalistik. Begitu pula dengan proses cara pengambilan gambar atau foto yang akan ditampilkan dalam tulisan. Tujuannya agar antara gambar dan tulisan yang disampaikan itu relevan.

Setelah mengikuti latihan tersebut saya mulai menyukai tentang kegiatan literasi.

Hati saya berbicara bahwa mengikuti kegiatan literasi ini sangatlah seru.

Tak hanya itu saja saya mengikuti kegiatan ini sangatlah menyenangkan. Begitu juga orang tua saya menyetujui jika saya mengikuti kegiatan literasi ini.

Mama berpesan " Tidak apa, mungkin ini awal kamu untuk meraih masa depanmu"

Setelah mama mengucap kalimat tersebut saya semakin bersemangat untuk mengikuti kegiatan menulis. Singkat cerita, sejak saat itu saya rajin menulis. Entah itu cerita pengalaman hidup diri sendiri atau cerita kehidupan orang lain.

Satu pesan yang saya dapatkan bahwa hidup jangan mengikuti ego diri sendiri.

Jika ragu untuk meraih apa yang diinginkan, keinginan tersebut tidak akan pernah ada. Semoga saja dari cerita ini dapat menjadi motivasi bagi sobat pembaca. Yuk, tanamkan jiwa literasi dalam diri mulai saat ini! Mudah-mudahan cita-cita menjadi seorang penulis yang handal dan bermutu di masa depan tercapai.

Profil penulis

Namaku Jesika Akyu Saputri. Aku lahir di Jember pada tanggal 18 April 2008. Aku bersekolah di SMPN 3 BANGSALSARI. Sekarang aku duduk di kelas 8. Alamat rumahku di Petung- Krajan.

Kritik dan saran bisa melalui email

[email protected] atau nomer wa ku 085812786957

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah bagus dan menarik sekali, semangat terus ya dek

10 Jun
Balas

Wah bagus dan menarik sekali, semangat terus ya dek

10 Jun
Balas

alhamdulillah, terima kasih kak

10 Jun

Wah,bagus

10 Jun
Balas



search

New Post