Aulia Nabila Putri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Ingin Sukses, Banyaklah Membaca

Membaca merupakan kunci dalam proses belajar. Saat seseorang memiliki kemampuan membaca yang baik, maka ia akan dapat menyerap berbagai macam pengetahuan. Hal ini penting untuk meningkatkan kesempatan orang tersebut dalam memperbaiki kehidupannya. Membaca merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kegiatan membaca buku ini tentu saja menawarkan begitu banyak sekali manfaat yang luar biasa, membaca buku memberikan banyak manfaat bagi seseorang, di antaranya membuka wawasan dan meningkatkan kemampuan berpikir otak dan masih banyak lagi. Seseorang yang suka membaca buku bisa membawa pengaruh positif bagi otaknya.

Membaca adalah jembatan ilmu, karena dengan kita membaca buku kita akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih luas. Membaca juga merupakan kebutuhan bagi kita karena jika kita enggan untuk membaca kita akan ketinggalan sebuah informasi dari berbagai sumber bacaan seperti buku, Koran, internet dan kita juga akan menambah manfaat dalam diri seseorang. Membaca juga membuat kita bisa mengerti apa yang selama ini tak bisa dipahami. Kta bisa mengunjungi tempat yang nyaman dan baik pada saat membaca yaitu perpustakaan. Baik perpustakan di sekolah, nasional ataupun daerah. Selain banyak pilihan buku, perpustakaan juga memiliki ruang khusus untuk membaca, di sana juga ada yang menjaga buku-buku sehingga kita bisa dengan mudah bertanya-tanya. Khususnya bagi kita para siswa, besentuhan dengan buku secaa langsung dengan buku bukanlah suatu hal yang terlihat asing bahkan juga buku menjadi makanan sehari-hari bagi kita. “Bersentuan” atau memegang buku tidak hanya sekedar membuka, membaca lalu menutup buku kembali. Melainkan membaca buku dengan cara bersungguh-sungguh dan memahami isinya.

Di era teknologi yang sedang berkembang dengan cepat seperti saat ini, terdapat banyak pihak yang perlu melakukan penyesuaian di berbagai bidang. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah keberadaan perpustakaan di sekolah-sekolah. Kehadiran perpustakaan di sekolah masa depan harus mampu mengatasi tantangan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Perpustakaan modern harus mampu memenuhi kebutuhan siswa dan guru dalam mengakses informasi serta menjadi fasilitator pembelajaran yang lebih efektif. Setiap sekolah di masa depan pasti berkeinginan memiliki perpustakaan yang canggih dan up-to-date untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan mendatang. Untuk mewujudkan perpustakaan sekolah yang canggih dan modern di masa depan, tentu diperlukan dedikasi dan upaya yang sungguh-sungguh.

Di Indonesia, terdapat beberapa perpustakaan sekolah yang menunjukkan kemajuan yang semakin meningkat. Namun secara keseluruhan, mayoritas sekolah masih belum memiliki perpustakaan. Bagi sekolah yang telah memiliki perpustakaan, jumlah perpustakaan yang maju dan modern masih sangat minim. Untuk mendorong pustakawan sekolah dan kepala sekolah memiliki perpustakaan yang baik hendaknya mencontoh sekolah yang sudah memiliki perpustakaan yang maju dan modern. Hal ini penting agar perpustakaan sekolah Indonesia menjadi perpustakaan modern dan maju di masa depan. Kesimpulannya, masa depan perpustakaan sekolah terbentuk oleh meningkatnya penggunaan teknologi, meningkatnya fokus pada pendidikan STEAM, kecenderungan pembelajaran campuran, penekanan pada pembelajaran yang berfokus pada siswa, meningkatnya penggunaan virtual dan augmented reality, dan pentingnya literasi digital. Trend dan prediksi ini menyoroti kebutuhan perpustakaan sekolah, untuk terus beradaptasi dan berkembang, dalam memenuhi perubahan kebutuhan siswa dan pendidikan.

Kampung Asa, 14 Oktober 2023

Biografi Penulis

Aulia Nabila Putri, lahir di Jember, 13 September 2009. Siswi MTs Negeri 2 Jember. Baru memulai menulis yang ketiga kali. Dia dapat dihubungi melalui :

WA : 081249243554

Email : [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post