Navigasi Web

Berani Mencoba Meski Belum Bisa

Berani Mencoba Meski Belum Bisa

Oleh : Areta Mya Rosiana Putri Zahida

Saya yakin bahwa setiap orang pasti memiliki prestasi. Entah itu di bidang akademik maupun non-akademik. Tetapi ada pun yang perlu kita ingat, bahwasanya pengertian prestasi bisa berbeda-beda bagi setiap individu dan tidak selalu harus berupa penghargaan atau medali. Prestasi dapat berupa usaha keras dalam belajar atau mengatasi kesulitan dengan baik. Saya juga pernah mendengar sebuah pernyataan bahwa dengan persiapan dan kerja keras, saya bisa meraih prestasi yang saya inginkan. Saya merasa semakin termotivasi untuk terus berkembang dan meraih prestasi-prestasi lain di masa depan.

Prestasi adalah hasil usaha yang kita capai dari apa yang kita kerjakan atau kita usahakan. Seseorang dianggap berprestasi apabila dia telah meraih sesuatu hasil dari apa yang diusahakannya, baik karena hasil belajar, bekerja, atau berlatih keterampilan dalam bidang tertentu. Saya berusaha melihat sisi lain dari prestasi. Meraih prestasi bukanlah hal yang mudah, namun dapat dicapai dengan cara yang tepat dan konsisten. Menentukan tujuan, merencanakan strategi, melakukan tindakan, dan evaluasi serta koreksi perlu dilakukan secara terus-menerus untuk mencapai prestasi yang diinginkan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, maka prestasi yang diimpikan dapat diraih dengan lebih mudah dan efektif.

Saya pernah meraih prestasi menulis beberapa bulan yang lalu tepatnya pada bulan Mei 2023.Tentunya untuk meraih prestasi itu, saya melewati proses yang tidak mudah. Dimulai ketika saya mengikuti lomba literasi di sekolah. Awalnya saya tidak percaya diri untuk mengikuti lomba itu, karena menurut saya menulis itu adalah hal yang tidak begitu penting, cuma bikin pusing saja. Tetapi guru saya membujuk untuk mengikuti lomba tersebut. Saat memulai untuk menulis saya tidak tahu apa yang harus saya tulis sampai-sampai saya meminta bantuan kepada saudara saya untuk membantu mengerjakan. Namun, saudara saya bilang "Jangan ragu untuk menulis sendiri, mbak percaya kamu bisa. Walaupun pada akhirnya tidak menjadi juara, tapi yang namanya mencoba tidak apa-apa, bukan?" Apa yang diucapkan saudara saya membuat saya perlahan percaya untuk mencoba menulis sendiri. Meskipun masih kebingungan dalam mencari ide, saya tetap mencoba mencari berbagai refererensi.

Saat pengumuman tiba, ternyata saya masih diberi kepercayaan oelh Allah untuk menang. Dari itulah, saya percaya diri untuk menulis dan mengikuti lomba sampai bulan saat ini. Saya percaya bahwa berani mencoba dan belajar adalah kunci untuk mencapai apa yang kita tuju. Ketika kita belajar, kita membuka pintu ke berbagai kemungkinan dan kesempatan baru yang bisa membuat hidup kita lebih baik. Pastinya belajar tidak selalu mudah. Terkadang kita merasa bosan atau kehilangan motivasi. Saat itu terjadi, kita harus mengingat mengapa kita memulai perjalanan ini dan apa yang ingin kita capai. Saya ingin memberikan semangat untuk terus belajar. Percayalah bahwa setiap usaha yang kita lakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita akan membawa kita lebih dekat dengan tujuan kita. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan keluar dari zona nyaman kita. Terkadang, tantangan terberat justru memberi kita kesempatan untuk tumbuh dan berkembang lebih kuat.

Selalu ingat bahwa belajar adalah proses. Kita tidak selalu bisa menguasai setiap konsep atau keterampilan dengan mudah. Namun, dengan usaha dan kesabaran, kita bisa mencapainya. Jangan biarkan kegagalan atau kesulitan menghentikan semangat belajar kita. Sebaliknya, gunakan pengalaman itu sebagai pelajaran dan motivasi untuk terus maju. Selalu ingat bahwa belajar adalah proses. Kita tidak selalu bisa menguasai setiap konsep atau keterampilan dengan mudah. Namun, dengan usaha dan kesabaran, kita bisa mencapainya. Jangan biarkan kegagalan atau kesulitan menghentikan semangat belajar kita. Sebaliknya, gunakan pengalaman itu sebagai pelajaran dan motivasi untuk terus maju. Akhirnya, saya ingin mengatakan bahwa semangat belajar adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup. Teruslah belajar, tumbuh, dan berkembang menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.

Kampung Arwana, 14 Agustus 2023

Biografi Penulis

Areta Mya Rosiana Putri Zahida, lahir di Bondowoso, 12 Januari 2010. Siswi MTs Negeri 2 Jember. Baru memulai menulis yang keempat kali. Dia dapat dihubungi melalui :

WA : 085334994611

Email : [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post